annyeong haseyo chingu

Pelaku “Itaewon murder” Tertangkap ! Langsung Aja Ke TKP

Posted on: Oktober 15, 2011

Tersangka utama kasus yang disebut dengan “Itaewon murder” (Kisah nyata ini sempet di bikin film lho, n dimainkan oleh Jang Geun-seok yang mamerin kefasihannya dalam berbahasa Inggris) telah ditangkap dan ditahan di Amerika Serikat di mana dia menghadapi proses ekstradisi 14 tahun setelah melakukan pembunuhan pada tahun 1997, menurut Departemen Kehakiman.
Pejabat penuntutan dan pelayanan menegaskan pada hari Selasa bahwa tersangka, Arthur Patterson, ditangkap pada bulan Juni dan pengadilan setempat di California mendengar argumen mengenai apakah akan mengekstradisi dia ke Korea.
Hal ini akan dilihat apakah pengadilan akan mengekstradisi Patterson, yang merupakan putra dari militer AS yang berusia 18 tahun pada saat kejahatan itu terjadi, dan apakah kasus tersebut akan diletakkan untuk beristirahat.
“Butuh waktu lama bagi pengadilan untuk memutuskan ekstradisi. Kita tidak tahu kapan keputusan akan dibuat atau apa yang akan terjadi”, kata jaksa.
Pembunuhan itu terjadi pada April 1997, ketika mahasiswi Korea Cho Jung-pil, ditikam sampai mati di kamar kecil di sebuah makanan cepat saji di Itaewon, Seoul. Dua remaja yang ada di tempat kejadian – Patterson dan blasteran Korea-Amerika Edward Lee – diberi nama sebagai tersangka.
Lee didakwa atas pembunuhan dan menerima hukuman penjara berat di pengadilan yang lebih rendah, namun Mahkamah Agung memerintahkan agar dia dibebaskan pada bulan September 1999. Patterson, didakwa karena memiliki senjata ilegal, dipenjara selama sekitar delapan bulan dan keluar pada 15 Agustus 1998 dengan syarat khusus.
Setelah pembebasan Lee, Patterson dituduh melakukan pembunuhan, tetapi ia melarikan diri ke Amerika Serikat pada Agustus 1999 setelah jaksa membuat kesalahan dengan tidak memperbarui larangan perjalanan.
Undang-undang pembatasan untuk pembunuhan adalah 15 tahun, sehingga hanya ada waktu sekitar enam bulan yang tersisa. Tapi periode dapat ditingkatkan dengan 10 lebih sebagai undang-undang hukum yang diperluas ketika tersangka melarikan diri untuk menghindari pengadilan.
“Untuk menerapkan hukum, penuntutan akan harus terlebih dahulu membuktikan bahwa Patterson meninggalkan Korea untuk melarikan diri”, kata jaksa.
Ibu korban Lee Bok-su (69 tahun), mengatakan kepada Kantor Berita Yonhap : “Ini seperti aku telah di neraka selama 14 tahun terakhir, aku ingin tersangka untuk dibawa ke pengadilan Korea sedini mungkin”.
Pada tahun 2009, film “The Case of the Itaewon Homicide” yang menggambarkan pembunuhan, dirilis dan permintaan masyarakat tumbuh agar kasus ini diperiksa kembali. Departemen Kehakiman kemudian meminta pihak berwenang AS untuk mengekstradisi Patterson.
Pada tahun 2006, pengadilan memerintahkan negara tersebut untuk membayar ₩ 34.000.000 sebagai ganti rugi kepada keluarga yang ditinggalkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: